HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

                                
                                                            

Tugas Pokok & Fungsi

warp

Tupoksi

Di halaman ini dijelaskan mengenai tugas pokok dan fungsi dari unsur pimpinan dan komponen pengadilan                                                                                                

a.    Tugas dan Fungsi Ketua Pengadilan Negeri Mungkid

1)       Bertanggung jawab sebagai Ketua Pengadilan Negeri Mungkid

2)       Membuat perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan pengawasan yang baik, serasi dan selaras.

3)       Melakukan pembagian tugas antara Ketua dan Wakil Ketua serta bekerja sama dengan baik.

4)       Membina dan mengkoordinasikan dan memimpin penyelenggaraan di bidang teknis peradilan dan administrasi peradilan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Pengadilan Negeri sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku. 

5)       Menyelenggarakan administrasi keuangan perkara dan mengawasi keuangan rutin/pembangunan.

6)       Melaksanakan pertemuan berkala dengan para Hakim serta pejabat struktural dan dengan seluruh pegawai.

7)       Membuat/menyusun legal data tentang putusan-putusan perkara yang penting.

8)       Mengkoordinasikan dan melaksanakan pengawasan pelaksanaan eksekusi perkara perkara yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

9)       Mengaktifkan Majelis Hakim.

10)    Melakukan pengawasan secara rutin terhadap pelaksanaan tugas dan memberi petunjuk serta bimbingan yang diperlukan,baik bagi para Hakim maupun seluruh pegawai (Pengawasan Melekat).

11)    Melakukan pengawasan intern dan ekstern.

12)    Menugaskan Hakim untuk membina dan mengawasi bidang hukum tertentu.

13)    Melakukan evaluasi atas hasil pengawasan dan memberikan penilaian untuk kepentingan peningkatan jabatan.

14)    Melakukan koordinasi antar sesama Instansi di lingkungan Penegak Hukum dan kerjasama dengan Instansi-instansi lain.

15)    Melakukan penilaian/mengesahkan Daftar  Penilaian  Pelaksanaan  Pekerjaan (DP 3) bagi Pejabat Pengadilan Negeri.

16)    Menerima dan mendisposisi surat-surat masuk.

17)    Mengkoordinasikan pembuatan dan penyusunan laporan serta surat surat yang diperlukan.

18)    Membuat penetapan penunjukan Hakim baik perkara pidana maupun perdata.

19)    Melakukan koordinasi pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh Pengadilan Negeri dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait atau Muspida dan menghadiri rapat / undangan  yang diselenggarakan Pemda dan instansi lain.

20)    Membuat penetapan penunjukan Hakim-hakim Pengawas Bidang sekaligus menerima laporan-laporan dari Hakim Pengawas Bidang.

21)    Melaksanakan persidangan,dan bertanggungjawab atas pembuatan dan kebenaran Berita Acara Persidangan.

22)    Membuat putusan.

 

b.    Tugas dan Fungsi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Mungkid

1)       Bertanggung jawab sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Mungkid

2)       Membantu Ketua dalam membuat program kerja jangka pendek dan panjang, pelaksanaannya, serta pengorganisasiannya.

3)       Melaksanakan tugas Ketua apabila Ketua berhalangan.

4)       Melaksanakan delegasi wewenang dari Ketua.

5)       Melakukan pengawasan intern yang ditugaskan Ketua untuk mengamati apakah pelaksanaan tugas telah dikerjakan sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan yang berlaku serta melaporkan hasil pengawasan tersebut kapada Ketua.

6)       Melaksanakan tugas sebagai Wakil Ketua/Hakim dalam menetapkan/menentukan hari-hari tertentu untuk melakukan persidangan perkara.

7)       Melakukan persidangan dan bertanggung jawab atas pembuatan dan kebenaran Berita Acara Persidangan.

8)       Sebagai Ketua Baperjakat Pengadilan Negeri Mungkid.

9)       Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Ketua.

 

c.    Tugas dan Fungsi Hakim Pengadilan Negeri Mungkid

1)       Bertanggung jawab sebagai Hakim/Ketua Majelis

2)       Menetapkan hari sidang dan sita jaminan.

3)       Melakukan persidangan dan bertanggung jawab atas pembuatan dan kebenaran   Berita   Acara   Persidangan   dan   menandatanganinya

sebelum sidang berikutnya.

4)       Mengemukakan pendapat dalam musyawarah.

5)       Menyiapkan dan memaraf naskah putusan lengkap untuk ucapan dan wajib menandatangani putusan yang sudah diucapkan dalam persidangan.

6)       Melakukan pengawasan yang ditugaskan Ketua untuk mengamati   pelaksanaan tugas mengenai penyelenggaraan administrasi perkara baik perdata/pidana dan eksekusi yang ditugaskan oleh Pimpinan Pengadilan.

7)       Mempelajari dan mendiskusikan secara berkala kepustakaan hukum yang diterima dari Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung.

8)       Melakukan pengawasan/sebagai Pengawas Bidang berdasarkan Penetapan Ketua Pengadilan Negeri Mungkid.

9)       Khusus dalam pelaksanaan putusan pidana, Hakim yang ditugaskan

sebagai   Kimwasmat   secara     periodik    mengunjungi     Lembaga

Pemasyarakatan.

10)    Melakukan mediasi terhadap perkara perdata yang ditetapkan oleh Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Mungkid.

11)    Memberikan bimbingan dan konsultasi terhadap mahasiswa yang melakukan penelitian tentang proses perkara dan lainnya di Pengadilan Negeri dengan penunjukan Ketua Pengadilan Negeri Mungkid.

12)    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.

 

a.    Tugas dan Fungsi Panitera

1)       Bertanggung jawab sebagai Panitera Pengadilan Negeri Mungkid.

2)       Melaksanakan pemberian dukungan di bidang teknis dan administrasi perkara serta menyelesaikan surat-surat yang berkaitan dengan perkara.

3)       Pelaksanaan koordinasi, pembinaan dan pengawasan pelaksanaan tugas dalam pemberian dukungan di bidang teknis;

4)       Pelaksanaan pengelolaan administrasi perkara perdata;

5)       Pelaksananaan pengelolaan administrasi perkara pidana;

6)       Pelaksananaan pengelolaan administrasi perkara, penyajian data perkara, dan transparansi perkara;

7)       Pelaksanaan administrasi keuangan yang berasal dari APBN dalam program teknis dan keuangan perkara yang ditetapkan berdasarkan peraturan dan perundang-undangan, minutasi, evaluasi dan administrasi Kepaniteraan;

8)       Pelaksanaan mediasi;

9)       Pembinaan teknis kepaniteraan dan kejurusitaan;  

10)    Sebagai anggota Baperjakat Pengadilan Negeri Mungkid.

11)    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Mungkid.

 

b.    Tugas dan Fungsi Panitera Muda Perdata

1)       Bertanggung jawab sebagai Panitera Muda Perdata.

2)       Melaksanakan administrasi perkara di bidang perdata.

3)       Pelaksanaan pemeriksaan dan penelaahan kelengkapan berkas perkara perdata;

4)       Pelaksanaan registrasi perkara gugatan dan permohonan;

5)       Pelaksanaan distribusi perkara yang telah diregister untuk diteruskan kepada Ketua Majelis Hakim berdasarkan Penetapan Penunjukkan Majelis Hakim dari Ketua Pengadilan;

6)       Pelaksanaan penerimaan kembali berkas perkara yang sudah diputus dan diminutasi;

7)       Pelaksanaan pemberitahuan isi putusan tingkat pertama kepada para pihak yang tidak hadir;

8)       Pelaksanaan penyampaian pemberitahuan putusan tingkat banding, kasasi dan peninjauan kembali kepada para pihak;

9)       Pelaksanaan penerimaan dan pengiriman berkas perkara yang dimohonkan banding, kasasi dan peninjauan kembali;

10)    Pelaksanaan pengawasan terhadap pemberitahuan isi putusan upaya hukum kepada para pihak dan menyampaikan relas penyerahan isi putusan kepada Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung;

11)    Pelaksanaan penerimaan konsinyasi;

12)    Pelaksanaan penerimaan permohonan eksekusi;

13)    Pelaksanaan penyimpanan berkas perkara yang belum mempunyai kekuatan hukum tetap;

14)    Pelaksanaan penyerahan berkas perkara yang sudah berkekuatan hukum tetap kepada Panitera Muda Hukum;

15)    Pelaksanaan urusan tata usaha kepaniteraan;  

16)    Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Panitera.

17)    Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh pimpinan

 

c.    Tugas dan Fungsi Panitera Muda Pidana

1)       Bertanggung jawab sebagai Panitera Muda Pidana.

2)       Melaksanakan administrasi perkara di bidang pidana.

3)       Pelaksanaan pemeriksaan dan penelaahan kelengkapan berkas perkara pidana;

4)       Pelaksanaan registrasi perkara pidana;

5)       Pelaksanaan penerimaan permohonan praperadilan dan pemberitahuan kepada termohon;

6)       Pelaksanaan distribusi perkara yang telah diregister untuk diteruskan kepada Ketua Majelis Hakim berdasarkan Penetapan Penunjukkan Majelis Hakim dari Ketua Pengadilan;

7)       Pelaksanaan penghitungan, penyiapan dan pengiriman penetapan penahanan, perpanjangan penahanan dan penangguhan penahanan;

8)       Pelaksanaan penerimaan permohonan ijin/persetujuan penggeledahan dan ijin/persetujuan penyitaan dari penyidik;

9)       Pelaksanaan penerimaan permohonan penetapan diversi dari penyidik atau penuntut umum.

10)    Pelaksanaan penerimaan kembali berkas perkara yang sudah diputus dan diminutasi;

11)    Pelaksanaan pemberitahuan isi putusan tingkat pertama kepada para pihak yang tidak hadir;

12)    Pelaksanaan penyampaian pemberitahuan isi putusan tingkat banding, kasasi dan peninjauan kembali kepada para pihak;

13)    Pelaksanaan penerimaan dan pengiriman berkas perkara yang dimohonkan banding, kasasi dan peninjauan kembali;

14)    Pelaksanaan pengawasan terhadap pemberitahuan isi putusan upaya hukum kepada para pihak dan menyampaikan relas penyerahan isi putusan kepada Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung;

15)    Pelaksanaan pemberitahuan isi putusan upaya hukum kepada Jaksa Penuntut Umum dan Terdakwa;

16)    Pelaksanaan penyimpanan berkas perkara yang belum mempunyai kekuatan hukum tetap;

17)    Pelaksanaan penyerahan berkas perkara yang sudah berkekuatan hukum tetap kepada Panitera Muda Hukum;

18)    Pelaksanaan urusan tata usaha kepaniteraan;

19)    Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Panitera.

20)    Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh pimpinan.

 

d.    Tugas dan Fungsi Panitera Muda Hukum

1)       Bertanggung jawab sebagai Panitera Muda Hukum.

2)       Melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan penyajian data perkara, kehumasan, penataan arsip perkara serta pelaporan.

3)       Pelaksanaan pengumpulan, pengelolaan dan penyajian data perkara;

4)       Pelaksanaan penyajian statistik perkara;

5)       Pelaksanaan penyusunan dan pengiriman pelaporan perkara;

6)       Pelaksanaan penataan, penyimpanan dan pemeliharaan arsip perkara;

7)       Pelaksanaan kerja sama dengan Arsip Daerah untuk penitipan berkas perkara,

8)       Pelaksanaan penyiapan, pengelolaan dan penyajian bahan-bahan yang berkaitan dengan transparansi perkara.

9)       Pelaksanaan penghimpunan pengaduan dari masyarakat; dan

10)    Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Panitera.

11)    Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh pimpinan.

 

 

e.    Tugas dan Fungsi Panitera Pengganti

1)     Bertanggung jawab sebagai Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Mungkid.

2)     Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya sidang Pengadilan.

3)     Membantu Hakim dalam hal :

·         Membuat penetapan hari sidang.

·         Membuat penetapan sita jaminan.

·         Membuat Berita Acara Persidangan yang harus selesai sebelum sidang berikutnya.

·         Membuat penetapan terdakwa tetap ditahan, dikeluarkan dari tahanan atau diubah jenis penahanannya.

·         Mengetik putusan.

4)     Menyerahkan berkas perkara kepada Panitera Muda Perdata / Pidana bila telah selesai diminutasi.

5)     Melaporkan kepada Panitera Muda Perdata / Pidana untuk dicatat dalam Register perkara tentang :

·         Penundaan hari-hari sidang.

·         Perkara yang sudah putus termasuk amar putusannya.

6)     Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Pimpinan.

 

f.     Tugas dan Fungsi Jurusita/Jurusita Pengganti

1)     Bertanggung jawab sebagai Jurusita/Jurusita Pengganti pada Pengadilan Negeri Mungkid.

2)     Menyampaikan pengumuman-pengumuman, teguran-teguran, protes-protes dan pemberitahuan putusan Pengadilan menurut cara-cara berdasarkan Undang-Undang.

3)     Melakukan penyitaan atas perintah Ketua Pengadilan Negeri / Majelis Hakim dan dengan teliti melihat lokasi batas-batas tanah yang disita beserta surat-suratnya yang sah apabila menyita tanah.

4)     Membuat Berita Acara Penyitaan, yang salinan resminya diserahkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

5)     Melakukan penawaran pembayaran uang pihak ketiga serta membuat Berita Acaranya.

6)     Melaksanakan tugas-tugas pemanggilan para pihak yang berperkara, yakni penyerahan gugatan, memori dan kontra memori banding, memori dan kontra memori kasasi, memori dan kontra memori Peninjauan Kembali.

7)     Melaksanakan eksekusi bersama Panitera.

8)     Melaksanakan tugas-tugas lain di wilayah Pengadilan Negeri Mungkid.

9)     Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh pimpinan.

 

g.    Tugas dan Fungsi Sekretaris

                             1)    Bertanggung jawab sebagai Sekretaris Pengadilan Negeri Mungkid.

                             2)    Melaksanakan pemberian dukungan di bidang administrasi, organisasi, keuangan, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana di lingkungan Pengadilan Negeri Mungkid.

                             3)    Penyiapan bahan pelaksanaan urusan perencanaan program dan anggaran

                             4)    Pelaksanaan urusan kepegawaian

                             5)    Pelaksanaan urusan keuangan.

                             6)    Penyiapan bahan pelaksanaan penataan organisasi dan tata laksana.

                             7)    Pelaksanaan pengelolaan teknologi informasi dan statistik.

                             8)    Pelaksanaan urusan surat menyurat, arsip, perlengkapan, rumah tangga, keamanan, keprotokolan, hubungan masyarakat, dan perpustakaan.

                             9)    Penyiapan bahan pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan dokumentasi serta pelaporan di lingkungan Kesekretariatan Pengadilan Negeri Mungkid.

                          10)    Sebagai anggota Baperjakat Pengadilan Negeri Mungkid.

                          11)    Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh pimpinan.

 

 

h.    Tugas dan Fungsi Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan

1)     Bertanggung jawab sebagai Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan.

2)     Melaksanakan penyiapan bahan pelaksanaan, program, dan anggaran.

3)     Pengelolaan teknologi informasi, dan statistik.

4)     Pelaksanaan  pemantauan dan evaluasi.

5)     Pelaksanaan dokumentasi.

6)     Pelaksanaan pelaporan.

7)     Melakukan pembinaan serta pengawasan melekat pada staf Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan.

8)     Melakukan penilaian pelaksanaan pekerjaan kepada staf Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan.

9)     Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh pimpinan.

 

i.      Tugas dan Fungsi Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana

1)     Bertanggung Jawab sebagai Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi  dan Tatalaksana.

2)     Melaksanakan penyiapan bahan pelaksanaan urusan kepegawaian, penataan organisasi dan tata laksana..

3)     Melaksanakan tugas-tugas dan bertanggung jawab seluruh aktifitas bagian Kepegawaian.

4)     Mengkoordinasikan urusan kepegawaian, kepangkatan dan lain-lain pada atasan.

5)     Membuat dan menyusun Kalender Kerja dan Rencana Kerja Bagian Kepegawaian.

6)     Meneliti dan menganalisa data pegawai.

7)     Memberikan dan melakukan Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai (DP 3) pada staf kepegawaian.

8)     Melakukan pengawasan peningkatan pelaksanaan tugas dan pengarahan pada staf  kepegawaian.

9)     Sebagai Sekretaris merangkap anggota Baperjakat.

10)  Mengelola dan membuat usulan-usulan yang ada kaitannya dengan kepegawaian.

11)  Menyusun usul pemberian penghargaan, tanda kehormatan dan bentuk bentuk penghargaan lainnya.

12)  Menganalisa data pegawai untuk menyiapkan DUK Pegawai Negeri.

13)  Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh pimpinan

 

j.      Tugas dan Fungsi Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan

1)     Bertanggung jawab sebagai Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan

2)     Melaksanakan penyiapan pelaksanaan urusan surat menyurat, arsip,

perlengkapan, rumah tangga, keamanan, keprotokolan, hubungan masyarakat, perpustakaan, serta pengelolaan keuangan.

3)     Koordinator dan penanggung jawab seluruh kegiatan dan tugas-tugas Sub Bagian Umum dan Keuangan.

4)     Menyusun Rencana Kerja Sub Bagian Umum dan Keuangan.

5)     Melakukan pembinaan serta pengawasan melekat pada staf lingkungan Sub Bagian Umum dan Keuangan.

6)     Membuka surat-surat dinas masuk dan memberi kode surat-surat penting.

7)     Mengkoordinasikan pengiriman surat keluar untuk memperlancar penyampaian informasi.

8)     Menyiapkan penyelenggaraan Urusan Perpustakaan Kantor.

9)     Menyelenggarakan pemeliharaan alat perlengkapan kantor, gedung kantor dan rumah dinas sesuai dengan rencana dan anggaran yang telah ditetapkan.

10)  Koordinator pelaksanaan pengamanan lingkungan kantor dan menyusun jadwal piket jaga kantor.

11)  Koordinator pelaksanaan kebersihan gedung, halaman serta lingkungan kantor.

12)  Mengkoordinasikan Pelaporan SABMN.

13)  Menyiapkan dan menyusun Laporan Urusan Umum dan Keuangan.

14)  Koordinatorpelaksanaan kebersihan Kantor.

15)  Melakukan pengawasan dalam urusan keuangan yang bersumber dari pelaksanaan APBN.

16)  Menandatangani    Surat   Perintah    Membayar   (SPM)  dan    Surat

Permintaan Pembayaran (SPP).

17)  Meneliti Pembukuan Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Penerimaan.

18)  Meneliti Perhitungan Belanja Pegawai.

19)  Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh atasan.